MAAFKANLAH, WALAUPUN DIA ITU MUSUH DAN TERUSLAH BERJUANG UNTUK TAUHID DAN SUNNAH !!

MAAFKANLAH, WALAUPUN DIA ITU MUSUH DAN TERUSLAH BERJUANG UNTUK TAUHID DAN SUNNAH !!

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah mengatakan:

"Aku tidak senang mencari kemenangan atas seseorang disebabkan kedustaannya atau kezaliman dan permusuhannya kepadaku, karena sungguh aku telah memaafkan setiap muslim.

Aku senang semua Kaum Muslimin mendapatkan kebaikan, dan aku ingin setiap mukmin mendapatkan kebaikan sebagaimana aku menginginkannya untuk diriku.

Semua orang yang berdusta dan menzalimiku, mereka telah mendapatkan MAAF dariku.

Adapun sesuatu yang berkaitan dengan hak-hak Allah, maka jika mereka telah bertaubat Allah tentu menerima taubat mereka.
Dan jika tidak, tentu hukum Allah akan dijatuhkan kepada mereka."

(Kitab: Al-Uqudud Durriyyah, Karya: Ibnu Abdil Hadi (w 744 H), hal: 281)

 Beliau juga mengatakan:

"Barangsiapa menyakitiku, maka dia telah aku MAAFKAN. Adapun yang menyakiti Allah dan Rosul-Nya, maka Allah-lah yang akan membalaskannya, dan aku tidak mencari kemenangan untuk diriku".

(Kitab: Al-Bidayah Wan Nihayah, karya Ibnu Katsir (w 774 H), jilid 14, hal: 61)

Sungguh, Akhlak yang sangat tinggi dan mulia  Dan sangat sedikit sekali insan yang mampu melakukannya. Jika ingin tahu betapa susahnya hal tersebut, maka cobalah menerapkannya pada diri sendiri.
Wallohul Musta'an


Oleh: Ustadz DR. Musyaffa' ad Dariny Lc, M.A. 

Comments

Popular posts from this blog

AL-QUR’AN DAN PERNIAGAAN YANG TIDAK MERUGI

TIGA KEADAAN YANG MENUNTUT KESABARAN

DZIKIR, RINGAN DI LISAN, DICINTAI ALLAH AR-RAHMAN