OBAT EFEKTIF UNTUK MENGATASI SEGALA MASALAH

OBAT EFEKTIF UNTUK MENGATASI SEGALA MASALAH

Terkadang kita habis-habisan mencari obat atau solusi untuk mengatasi kesulitan yang kita hadapi, bahkan jutaan rupiah sampai ratusan juta digelontorkan orang karena ingin masalahnya teratasi, padahal ada solusi terefektif dengan biaya anggaran nol rupiah, tapi memiliki efek penyembuh terefektif dan paling nyaman.

Sayangnya solusi ini justru ditinggalkan atau diremehkan kaum muslimin ! Dan memang solusi ini akan dianggap berat bagi yang memiliki kelemahan iman. Jika kita ingin tahu masalah ini, bukalah ayat berikut:

"Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. Dan (shalat) itu sungguh berat kecuali bagi orang-orang yang khusyuk." (QS. Al-Baqarah: 45)

Ayat di atas jelas menunjukkan pelajaran, bahwa Allah akan memberikan pertolongan itu diantaranya dengan menjadikan dua wasilah syar’i terbesar, yakni:

1. Sabar.
2. Shalat.

Dan Allah sendiri menyatakan hal itu akan dirasakan berat kecuali mereka yang jiwanya khusyu.

Apa Makna Sabar Pada Ayat Di Atas? Banyak dijelaskan definisinya yang dimana salah satunya didefinisikan oleh apa yang diriwayatkan oleh Shahabat senior bernama Sa’id bin Jubair Radhiallahu ‘Anhu yang menyatakan:

"Sabar adalah pengakuan seorang hamba, bahwa apapun yang menimpanya datangnya dari Allah, antas ia mengharap ridha Allah seraya pahala dari-Nya (dengan sebab musibah tersebut)". (Tafsir Ibni Katsir I:155)

Sementara khusyu pada ayat di atas ditafsirkan oleh Ibnu ‘Abbas Radhiallahu ‘Anhu sebagai:

"Yakni orang-orang yang membenarkan apa yang diturunkan Allah". 

Dan Ibnul ‘Aaliyah Rahimahullah menafsirkan khusyu pada ayat di atas sebagai:

"Mereka memiliki rasa takut (terhadap Allah)". 


Sebegitu hebatnya sifat sabar sebagai kekuatan orang yang beriman, sampai Allah sendiri menyatakan saat menceritakan karakteristik orang beriman yang baik dengan menyatakan:

“Sifat-sifat yang baik itu tidak dianugerahkan kecuali kepada orang-orang yang sabar dan tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang memiliki keberuntungan yang besar". (QS Fushshilat: 35)

Oleh: Ustadz Berik Said hafizhahullah


Comments

Popular posts from this blog

AL-QUR’AN DAN PERNIAGAAN YANG TIDAK MERUGI

TIGA KEADAAN YANG MENUNTUT KESABARAN

DZIKIR, RINGAN DI LISAN, DICINTAI ALLAH AR-RAHMAN