SYARAT MANUSIA BERTAKWA

SYARAT MANUSIA BERTAKWA

Bakr bin Khunais mengatakan:

"Bagaimana mungkin bisa menjadi manusia bertakwa seorang yang tidak mengetahui dia harus bertakwa dari hal apa?" (Jami al-Ulum wal Hikam 1/40)

Takwa adalah menjalankan semua perintah Allah dan menjauhi semua larangan Allah. Seorang itu tidak mungkin bertakwa jika dia tidak mengetahui apa saja yang Allah perintahkan dan apa saja yang Allah larang. Oleh karena itu syarat untuk menjadi insan yang bertakwa adalah mengetahui apa saja perintah Allah dan apa saja larangan Allah. 

Jadi semangat yang besar untuk belajar agama sehingga kita mengetahui apa saja perintah dan larangan Allah merupakan syarat mutlak untuk menjadi insan yang bertakwa. Tidak ada jalan menuju takwa tanpa semangat belajar agama. Orang yang ingin menjadi insan yang bertakwa namun malas belajar agama adalah orang yang hanya 'bermimpi' untuk menjadi orang yang bertakwa.  Meski orang yang memiliki ilmu agama itu tidak mesti otomatis yang menjadi orang yang bertakwa. Untuk menjadi orang yang bertakwa, ilmu tersebut harus diamalkan dalam kehidupan nyata. Orang yang bertakwa pasti orang yang semangat belajar agama namun orang yang semangat belajar agama belum tentu pasti bertakwa. 

Semoga Allah memberi kemudahan bagi penulis dan semua pembaca tulisan ini untuk menjadi insan yang bertakwa, semangat belajar agama dan mengamalkannya. Aamiin. 

Oleh: Aris Munandar, SS, MPI
 

Comments

Popular posts from this blog

AL-QUR’AN DAN PERNIAGAAN YANG TIDAK MERUGI

TIGA KEADAAN YANG MENUNTUT KESABARAN

DZIKIR, RINGAN DI LISAN, DICINTAI ALLAH AR-RAHMAN