BERINFAQ DI JALAN ALLAH

BERINFAQ DI JALAN ALLAH 

Infaq atau sedekah merupakan amalan kebaikan yang memiliki kedudukan yang tinggi di dalam islam. Selain sedekah mendekatkan diri seorang hamba kepada Allah Ta'ala, ia juga makin mempererat hubungan antara sesama manusia.

Sebab sedekah dapat:

1. Melapangkan kesempitan
2. Menghentikan dari meminta-minta
3. Membantu orang yang lapar menjadi kenyang
4. Memberikan kegembiraan kepada anak kecil
5. Menyenangkan hati manusia
6. Menciptakan kebahagiaan ditengah-tengah kaum muslimin

Begitu banyak keutamaan sedekah sehingga ia bisa menjadi perisai dari api neraka. Maka wajar jika sedekah menjadi salahsatu jalan menuju kebahagiaan. Banyak dalil dari Al-Qur'an dan As-Sunnah yang menunjukkan bahwa orang yang berinfaq di jalan Allah akan diberi ganti oleh Allah di dunia, dan ia akan meraih pahala yang besar di akhirat. Allah Ta'ala berfirman:

"Katakanlah: "Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya)". Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya." (QS. Saba':39)

Al-Hafizh Ibnu Katsir rahimahullah berkata:

"Betapapun sedikitnya apa yang kamu infakkan dari apa yang diperintahkan Allah kepadamu dan apa yang diperbolehkan-Nya, niscaya Dia akan menggantinya untukmu di dunia dan di akhirat engkau akan diberi pahala dan ganjaran." (Tafsir Ibnu Katsir 3/595)

Allah Ta'ala berjanji akan menggantikan apa saja yang diinfakkan di jalan-Nya. Sedangkan janji Allah adalah benar, tak ada keraguan di dalamnya. Karenanya, seyogyanya kaum muslimin berlomba untuk meraihnya, jangan takut dan jangan ragu terhadap janji Allah, saat setan menakut-nakutimu dengan kefakiran. Allah Ta'ala berfirman:

"Syaitan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir); sedang Allah menjadikan untukmu ampunan daripada-Nya dan karunia. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengatahui." (QS.Al-Baqarah:268)

Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam pula memberi kabar gembira kepada kaum muslimin agar jangan takut bersedekah. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

“Barangsiapa yang bersedekah dengan sebutir kurma hasil dari usahanya sendiri yang baik, sedangkan Allah tidak menerima kecuali yang baik saja, maka sungguh Allah akan menerimanya dengan tangan kanan-Nya lalu mengembangkannya untuk pemiliknya sebagaimana seseorang merawat anak kudanya hingga ia menjadi seperti gunung yang besar.” (HR.Al-Bukhari no. 1410 dan Muslim no. 1014)

Comments

Popular posts from this blog

AL-QUR’AN DAN PERNIAGAAN YANG TIDAK MERUGI

TIGA KEADAAN YANG MENUNTUT KESABARAN

DZIKIR, RINGAN DI LISAN, DICINTAI ALLAH AR-RAHMAN