BERSEGERALAH BERAMAL, JANGAN DITUNDA!

BERSEGERALAH BERAMAL, JANGAN DITUNDA!

Al-Imam Al-Hasan Al-Bashri rohimahulloh pernah berkata :

"Bersegeralah....bersegeralah (untuk beramal sholih)! Karena sesungguhnya (amal sholih itu) adalah nafas kehidupan (mu)!

Seandainya kamu menahan diri (yakni enggan dan berlambat-lambat dlm beramal), sungguh akan terputus darimu amal-amal kamu, padahal dengan amal-amal itulah yg bisa mendekatkan kamu kepada Alloh ta'ala! Semoga Alloh merahmati seseorang, yang dia memandang kepada dirinya sendiri, lalu dia menangis (mengingat) banyaknya dosa-dosanya."

Kemudian membaca firman Alloh ta'ala :

"Sesungguhnya Kami (Alloh) hanyalah menghitung datangnya (hari siksaan) untuk mereka dengan perhitungan yang teliti." (QS Maryam : 84)

"Yaitu "nafas kehidupan" !

"Akhir dari nafas kehidupan adalah keluarnya ruh (dari badanmu)."

"Akhir dari nafas kehidupan adalah perpisahan dengan keluargamu (dengan sebab kematianmu tersebut)."

"Dan akhir dari nafas kehidupan adalah masuknya kamu ke dalam lobang kuburmu !" (Qoshrul Amal, karya Al-Imam Ibnu Abid Dunya rohimahulloh)

Catatan :
Ya, dalil yg menunjukkan anjuran agar kita bersegeralah utk beramal sangatlah banyak, diantaranya adalah firman Allah ta'ala :

“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Robb-mu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi, yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa.” (QS. Ali Imran : 133)

Dalil lainnya adalah seperti dalam hadits dari Abu Hurairah rodhiyallohu anhu, Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Bersegeralah kalian dalam melakukan amalan sholih, sebelum datang fitnah demi fitnah seperti potongan malam yang gelap gulita."

"(Karena dahsyatnya fitnah itu, ada seseorang yg keadaannya) pada waktu pagi dia masih dalam keadaan beriman, tetapi di sore harinya dia sudah berubah dalam keadaan kafir."

"Atau ada pula orang yang di sore hari masih dalam keadaan beriman, tetapi di pagi harinya dia sudah berubah dalam keadaan kafir."

"Dia telah menjual agamanya (keyakinannya) untuk mendapatkan sedikit dari keuntungan dunia.” (HR. Imam Muslim no. 118).

Oleh: Abu Abdirrohman Yoyok 

Comments

Popular posts from this blog

AL-QUR’AN DAN PERNIAGAAN YANG TIDAK MERUGI

TIGA KEADAAN YANG MENUNTUT KESABARAN

DZIKIR, RINGAN DI LISAN, DICINTAI ALLAH AR-RAHMAN